Ad Section

Selamat Datang di Media Online Kampung Dames, Medianya Untuk Berkreasi dan Literasi

Komunikasi Politik Calon Kepala Desa Dames Damai Dalam Pilkades 2017


                   Menjelang pilkades (pemilihan kepala desa) 2017, berbagai macam komunikasi politik dilakukan oleh calon kades untuk mendapatkan pencitraan di masyarakat. Ini semua dilakukan untuk mendapatkan banyak dukungan dalam pilkades serentak 2017. Komunikasi yang dilakukan pun bermacam-macam dengan ciri khas masing-masing. Media yang digunakan pun bervariasi salah satu media yang sedang berkembang akhir-akhir ini adalah internet. Internet menjadi media alternatif modern yang  digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan politk.

            Para calon menyadari potensi kampanye politik melalui internet cukup menjanjikan. Meskipun begitu masing-masing relawan cyber merupakan bentukan dari masing-masing calon kades. Bisa disimpulkan apabila pernyataan ini memang benar, maka pencitraan masing-masing calon kades sudah bagus.

            Kampanye politik dilakukan oleh para pendukung secara suka rela yang artinya bisa dikatakan bahwa pembetulan citra masing-masing calon kades di masyarakat desa dames damai. Namun bisa juga masing-masing calon kades hanya sebuah pencitraan. Artinya, bahwa calon kades sendiri  juga ikut dalam mendirikan dan mengorganisirkan relawan-relawan tersebut. akan tetapi, para calon kades bahwa masing-masing calon kades tidak mendirikan dan mengorganisir para calon agar terkesan memiliki banyak pendukung yang dengan suka rela membantu masing-masing para calon. Ini bisa juga ditujukan untuk membuat para saingan calon kades menjadi gentar.

            Entah mana asumsi yang benar, namun pencitraan calon kades ini sudah bisa dibilang sukses dan strategi komunikasi yang dilakukan masing-masing calon sangatlah efektif, terdapat keselarasan antara motif kepentingan komunikator dengan kondisi komunikan masyarakat didesa dames damai. Hal ini juga ditambah dengan pesan yang dipilih berserta media yang digunakan sangat mendukung keberhasilan proses komunikasi masing-masing calon tersebut. sehingga keseluruhan variabel dalam komunikasi seperti komunikator, komunikan, pesan yang disampaikan, media, dan effek komunikasi terungkap dengan baik.